Sejarah Internet

Posted: 14/08/2012 in Kumpulan Artikel

Internet merupakan suatu produk yang pada saat ini sangat banyak yang menggunakannya. Disamping memiliki keunggulan / keuntungan yang banyak, tetapi internet juga mempunyai dampak negatif yang sangat berbahaya bagi generasi kita. Sebelum menginjak pada dampak positif dan negatif dari internet, maka saya akan menjabarkan bagaimana sih sejarah terbentuknya internet tersebut.

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Internet merupakan jaringan komputer yang digagas dan dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika, US Defense Advance Research Project Agency (DARPA). DARPA mengadakan penelitian tentang bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Penelitian tersebut dikenal sebagai Advanced Research Project Agency Network (ARPANET).

          Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan University of Utah dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada tahun 1972. Tahun 1972 juga ditemukan e-mail dan dikenalkan ikon @ sebagai lambang penting dalam internet. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua Universitas di negara tersebutingin bergabung sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk kepentingan non-militer,seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
          Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang kemudian dikenal dengan DNS atau Domain Name System. Tahun 1988 mulai diperkenalkan Internet Relay Chat (IRC). Kemudian tahun 1990 ditemukan World Wide Web (www) yang berfungsi sebagai browser yang memungkinkan untuk menjelajahi internet oleh Tim Berners Lee.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s